Nanti Senang

Tenang, senangnya nanti saja setelah menang

Jumat, 06 Februari 2015

Stone Garden

Telah kuincar sejak sebelum liburan destinasi yang satu ini. Kadang terpikir juga ketika jenuh untuk pergi sendiri kesana. Tapi, setelah aku baca-baca blog dan liat video tentang Stone Garden ini, pikiranku meng-asumsikan bahwa Stone Garden ini adalah sebuah gunung kecil yang sepi, yang dibawahnya ada gua bernama Gua Pawon. Jikalau aku pergi kesana sendirian, Gua Pawon tak akan berani kucicipi. Bahkan menuju ke Stone Garden nya pun aku belum tentu berani. Ada foto di google yang memperlihatkan foto beberapa anak kecil yang bermain diantara batu yang artistik ini. Aku menyimpulkan bahwa dari tempat parkir menuju Stone Garden ini hanya mendaki yang tidak terlalu sulit, anak kecil saja bisa. Juga aku berpikir mungkin bila aku pergi sendiri akan bertemu anak-anak ini dan bisa bermain di Stone Garden bersama, kan menyenangkan? Sayangnya aku masih saja takut sendiri.
Jadi, ya, jadi bagaimana lagi, harus mencari dan mengajak teman. Pertama sekali, mengajak sekolompok teman di grup line, dengan meng-share screenshot Stone Garden yang kuambil dari akun instagram Explorebandung. Tidak ada balasan, hanya di read. Kedua, teman kelas. Kebanyakan teman kelasku adalah warga-warga Bandung Timur yang bila bermain ke Stone Garden itu jauh katanya.  Namun, setelah aku tanyakan di grup line, beberapa memang ada yang berkata “Hayu atuh” atau “hayu”. Lalu menentukan hari. Dan beberapa hari sebelum hari H terjadi percakapan via line. Kebetulan hari-hari sebelumnya sering terjadi hujan. Membuatku memberi info tentang cuaca yang akan membuat trek hiking ke Stone Garden akan menjadi licin dan berbahaya. Sudah kuduga, pasti banyak yang akan membatalkan. Ya sudahlah.
Namun, ajakan kedua ini tidak menghasilkan sesuatu yang sia-sia. Satu teman kelasku yang tinggal di cimahi seperti ngotot pingin kesana, namanya Ridlo. Ajakan ketiga aku arahkan pada mereka, teman-teman smp ku dulu, termasuk Ridlo. Ada yang diajak via line, ada yang diajak via bertemu langsung. Diakhir pekan liburan aku bermain basket dengan Zaki. Disana kuajak dia, dan dia mau, mungkin karena gak ada kerjaan dirumah, atau bosan. Mereka yang diajak via line seperti mau-tidak-mau. Membuatku bingung saja. Tinggal menentukan hari.  Hari yang terpilih jatuh pada hari pertama aku dan Ridlo masuk sekolah. Dan anggota yang berangkat diperjalanan ini hanya bertiga, aku, Ridlo, dan Zaki.
“Gatau bib, pokoknya harus jadi,” Begitu katanya, kata Ridlo, saat menjelang bel pulang sekolah. Bingung juga, tapi inilah yang aku suka darinya. Ketertarikannya akan petualangan diatas rata-rata manusia seumurannya. Dia adalah manusia langka. Manusia yang easy going adalah manusia yang langka, yang keren, dan hebat dah. Sepulang sekolah langsung CAW! Menuju rumah Zaki karena memang searah dengan Stone Garden.  Perjalanan tiga sekawan dimulai di siang hari, di depan komplek yang ada patung kudanya, di daerah Padalarang.
Para blogger menuliskan bahwa perjalanan dari Bandung ke Stone Garden hanya menempuh waktu 1 jam.Tidak seperti ekspetasi, kami yang memulai perjalanan dari Padalarang harus menempuh waktu 1 setengah jam, mungkin lebih. Dikarenakan tersesat dan macet. Namun, tersesat gak semenyebalkan yang seperti kamu kira. Tersesat itu menyenangkan. Dan aku punya info penting. Ketika kamu sudah sampai di daerah yang banyak truk besar pembawa kapur dan tentunya kamu sudah bisa melihat banyak gunung kapur, bila kamu berangkat dari arah Bandung, sering-sering lah menengok ke arah kanan, jangan mengebut, nanti terlewat, bahkan jalur di GPS pun salah bila kamu mengebut. Di sisi kanan akan ada gerbang menuju suatu jalan menurun. Di gerbang atau gapura itu ada tulisan situs wisata *kalo tidak salah, mm saya sedikit lupa. Aku melihat gapura itu, dan kami melewatinya begitu saja. Jadi aku stop motorku ke pinggir jalan. Mereka juga sama. Kubilang bahwa kita harus berputar. Dan benar saja, kita menemukan jalan menuju Stone Garden dan Gua Pawon, walau sedikit rancu juga, karena hanya ada penunjuk jalan menuju Gua Pawon. Yasudah kita ikuti petunjuk jalan itu.
Sampailah di Gerbang Gua Pawon. Bayar tiket dulu, tanda tangan, parkir motor, dan Caw! Lets Explore! Jalan jalan jalan, terlihat jalan menuju Gua Pawon yang lumayan sulit. Jadi kami berjalan dulu kebawah, entah kemana, sepertinya kami salah jalan, tak apa, hikmahnya disini kita menemukan ular hidup. Udah jarang ada di kota mah yang kaya beginian. Dengan sombong kita foto ular itu.
Lanjut ke Gua Pawon. Gua ini menyimpan stalaktit, stalakmit, kelelawar atau kalong, tai kelelawar atau kalong, replika fosil manusia purba, dan banyak lagi. Disarankan agar memakai tangan lengan panjang, juga celana panjang, jangan lupa buff dan kupluk. Kulit temanku yang terkena tai kalong menjadi bentol dan seketika gatal. Untungnya tidak menjadi masalah besar. Dia terkena tai lalat ketika akan memotret lubang diatap gua yang banyak berterbangan kelelawar disana. Mungkin ada kalong yang boker di udara dan jatuh tepat di tangan si Zaki. Akurasi yang hebat.
Lanjut ke tempat parkir. Di tempat parkir ada jalur hiking menuju Stone Garden. Jalurnya licin bro. Kemarinnya hujan. Dan kita bertiga udah gak mau ambik pusing lagi menentukan hari. Dan hujan di hari kemarin pun ada hal positive nya loh. Ada. Langit dikala itu jadi lebih indah dan bersih. Setelah ber hiking ria selama sekitar 20 menit kita sampai di suatu tempat yang ada posnya. Disana kamu bisa melihat beberapa motor terparkir. Lupakan. Walau ini kenyataan. Disana kamu akan melewati pos, dan akan ditagih uang, nomor telepon, dan tanda tangan oleh beberapa remaja yang menjaga pos itu. YEAY! Kita sampai di Stone Garden. Sekarang liat-liat aja fotonya yah.
Bukan keluar dari Gua Pawon

Temennya Stone Garden

Ular hidup liar yang keren

Pulang telat

Lubang di langit-langit Gua Pawon, banyak kalong dan Tai terjun

Dan terakhir, aku ingin menyarankan. Bila kalian melewati Kota Baru atau Puspa Iptek. Sempatkanlah untuk singgah ke masjid Al-Irsyad karya Ridwan Kamil. Aku salat maghrib disana, dan rasanya mengagumkan. Dan bila kalian makan dulu di dekat tempat parkir masjid itu. Sampaikanlah salam dariku kepada kucing pintar berwarna putih orange, juga pada pemilik warungnya.

Sebenarnya, kami merekam juga, tapi terlalu amatir, jadi tidak usah di upload
Dan ditengah acara hiking ini, kami kebingungan mencari nama untuk tim ini. Ada yang mau memberi saran dengan cara komentar? tolong.....?